Ibadah Sholat Bagian I

SHOLATKU: Sudah benarkah??

( Bagian Pertama)

Oleh: Ustadz Abdul Baits Muchtar, Lc.MA

1. APA ITU SHOLAT ?

Sholat adalah: suatu ibadah yang terdiri dari ucapan-ucapan khusus, dilakukan dengan gerakan khusus, serta memenuhi persyaratan khusus, yang didahului dengan takbir dan ditutup dengan salam. Dan berikut ini maksud dari difinisi sholat:

a. Ibadah : adalah suatu amalan tertentu, baik yang wajib atau yang sunat yang dilakukan karena Allah dengan niat dan cara yang benar.

b. Ucapan khusus : adalah bacaan-bacaan dan lafadz –lafadz tertentu yang sudah ditetapkan kebolehannya oleh dasar dalil yang sah baik dalam Al Qur'an, hadits maupun ijma' ulama untuk boleh diucapkan dalam amalan ibadah tersebut. Dan ucapan khusus ini oleh ulama fiqh disebut Arkan Qauliah (rukun ucapan).

Read more...

Ibadah Sholat Bagian II

SHOLATKU: Sudah sempurnakah?

(Bagian Kedua)

Oleh: Ustadz Abdul Baits Muchtar, Lc. MA

WAKTU SHOLAT:

1.           Surat al isra'  ayat 78: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

2.           Surat Hud ayat 114: Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

3.           Surat Thooha ayat 130: bertasbihlah dengan memuji Rabbmu,sebelumterbit matahari dan terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya akmu merasa senang.

Read more...

Ibadah Sholat Bagian III

KHILAFIYAH DALAM SHOLAT

DENGAN DASAR HADITS SHOHIH

(Bagian Ketiga)

Oleh: Ustadz Abdul Baits Muchtar, Lc. MA

1.     BATAS TANGAN SAAT TAKBIRATUL IHRAM:

a.     Mengangkat kedua tangannya setentang bahu, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, ia berkata:"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa mengangkat kedua tangannya setentang bahu jika hendak memulai sholat, setiap kali bertakbir untuk ruku' dan setiap kali bangkit dari ruku'nya." (Bukhori&Muslim).

b.     Mengangkat kedua tangannya setentang telinga, berdasarkan hadits riwayat Malik bin Al-Huwairits, ia berkata:"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa mengangkat kedua tangannya setentang telinga setiap kali bertakbir (didalam sholat)." (HR. Muslim).

Read more...

Kaidah I

CARA MEMBANGUN KERAGUAN DALAM IBADAH

Oleh: Ustadz Abdul Baits Muchtar. Lc.MA

Hidup manusia adalah semata-mata diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah, bukan lainya (QS.51/Adz-Dzariyat:56), dan arti Ibadah adalah kesadaran seorang makhluk Allah bahwa Allah adalah satu-satunya Dzat yang hanya disembah, sehingga semua aktifitas hidupnya hanya untuk memperoleh ridha-Nya (QS.98/Al Bayyinah:5). Dengan demikian bahwa Tauhid, ikhlas (memurnikan Allah) dan taat /patuh adalah intisari dari ibadah, yang harus dijadikan prinsip hidup dalam kehidupan manusia.

JENIS IBADAH:

Menurut Ibnu Rsydi, ibadah terbagi menjadi 2:

Read more...

Kaidah II

SOLUSI UNTUK MENGHINDAR DARI KHILAFIYAH

Oleh: Ustadz Abdul Baits Muchtar, Lc. MA

1.     Apabila ada masalah ibadah baik dalam sholat, puasa, zakat, haji dan ibadah lain, makasikap kita : harus selalu berpegang kepada kaidah fiqh : "Asal ibadah adalah haram"jangan kita mengerjakan dulu, sampai kita menemukan, mendengar atau membaca dasar dalil yang membolehkannya.

2.     Apabila masalah yang diselisihkan sama-sama mempunyai dasar dalil yang kuat, makasikap kita : jangan saling menyalahkan, bahkan kita harus bangga karena dapat mengerjakan sumua tuntunan Rasul dalam satu waktu / komunitas dengan berbeda cara.

Read more...

Mini Galeri

Ponpes Modern Al Buruj

  • Alamat: Jl. Raya Jepara-Kudus KM 10 Cemara Kembar Ngabul Tahunan Jepara Jawa Tengah Indonesia.
  • Telepon: (0291) 344 344 1.
  • Hp: 0877 80000 667.
  • Website: www.ponpes-alburuj.com